Biji Kemiri
Minyak kemiri atau disebut juga kukui oil (dalam bahasa ingrisnya) adalah tanaman yang bijinya di manfaatkan menjadi minyak dan rempah rempah. Tumbuhan ini sekerabat dengan tanaman singkong satu kategori dengan suku Euphorbiaceae, tumbuhan jenis ini tidak diketahui dari mana asal usulnya jika kita menelusuri tumbuhan ini menyebar luar mulai dari India, China ,ke Asia tenggara dan Nusantara hingga ke Selandia Baru lalu ke Polinesia.

Tanaman yang menhasilkan biji kemiri ini sekarang sudah tersebar di daerah-daerah yang tropis. dan ternyata tanaman ini menjadi tumbuhan resmi negara  di bagian Hawaii. Kemiri ini setelah di periksa tidak bisa di konsumsi begitu saja di karenakan mengandung racun dengan skala ringan, Kemiri yang akan di konsumsi haruslah melalu proses sangrai yaitu penggorengan tanpa minyak dan air sehingga biji kemiri ini manjadi hangat dan menguraikan toksin nya.

Di beberapa bagian negara tanaman kemiri ini sudah sejak lama di gunakan sebagai obat obatan tradisional di bagian bagian pedalaman. Di daerah Sumatra sebagai obat diare dengan cara biji kemiri tersebut di bakar di arang lalu di oleskan sekitar pusar, Di Jepang sendiri kulitnya di gunakan untuk penyembuhan Tumor,  Di Jawa kulit batangnya di gunakan untuk penyakit seperti disentri bisa juga diare, dan biasanya bijinya di proses sampai mendapatkan minyaknya yang kebanyakan hasil dari minyak yang di keluarkan dari biji kemiri kita sebut sebagai minyak kemiri yang di gunakan untuk menyuburkan rambut, minyak kemiri ini bisa juga di gunakan untuk anak bayi karena alami dan tidak memakai kimia dan produk lainya.

Di negara negara maju sekarang kebanyak minyak kemiri susah di proses dengan campuran minyak lainya seperti minyak argan yang terkenal akan kandungan vitamin e nya, untuk membuat nya agak rumit , kebanyakan orang lebih suka membeli jadi dari  minyak ini seperti produk yang di keluarkan oleh pabri kukui care yang ada di surabaya yaitu minyak kemri kukui hair treatment yang sudah di blend dengan argan oil.
untuk membaca lanjutan tentang produk ini silakan klik disini